Perbedaan dan pengertian WINDOWS X86 (32 bit) DAN X64 (64 bit)

Apa itu WINDOWS X86 dan X64.

WINDOWS X86 - (32 bit)   

WINDOWS X64 - (64 bit)
Bagi pengguna PC (Personal Computer) sangatlah penting mengetahui apa itu Perbedaan dan pengertian WINDOWS X86 (32 bit) DAN X64 (64 bit). Walaupun hal ini sering di anggap sepele. 



   contohnya jika di hubungkan dalam instalasi driver, pemilihan program dan perangkat memori. Dengan mengenali nilai bit dalam sebuah sistem oprasi kita akan lebih mudah menentukan kinerja dalam sebuah PC.

   Jika anda masih bertanya - tanya bagaimana caranya mengetahui tipe apa yang anda gunakan dalam sistem oprasi anda, anda dapat mengetahuinya dengan di dalam : " control panel - system and security - system " di situ akan terlihat " system type " apa yang anda gunakan. seperti gambar di bawah ini.



    Perbedaan pokok antara X86 dengan X64 adalah pada arsitektur prosessor yang berhubungan dengan kemampuan memproses. Pola arsitektur yang berbeda pada X86 dan X64 membuat pula perbedaan lebar jalur pemrosesan. Pada X64, jaluryang lebih lebar dapat membuat sistem ini menangani memori RAM lebih dari 2 GB, dimana hal ini tidak dapat di lakukan oleh sistem oprasi tipe (32 bit) atau X86. Untuk menjalankan aplikasi berat dan lebih baru, pilihan menggunakan X64 merupakan hal yang lebih baik di bandingkan dengan X86. pada sistem oprasi windows 7, sistem X86 hanya akan mendukung memori sampai  3 GB saja.

    Dan jika anda adalah pengguna PC yang biasa - biasa saja, makan menggunakan windows X86 atau (32 bit) sudah di rasa cukup. Berbagai aplikasipun sudah bisa berjalan dengan baik pada PC anda. Hanya saja perlu di ingat bahwa setiap kali anda mengunduh driver untuk perangkat anda, pastikan terlebih dahulu driver tersebut support untuk tipe sistem oprasi anda.

   Dan apabila anda pengguna tipe sistem oprasi X64 atau (64 bit), maka seperti perkataan di atas anda harus pandai memilih driver yang support terhadap tipe sistem oprasi anda. Sekian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi Blackberry torch 9800 error 507

IP ADDRESS