Cara men-install Pinta Image Edittor Melalui Terminal di ubuntu

Assalamualaikum wr.wb

   Akhir - akhir ini saya mendapatkan tugas dari dari guru untuk membuat beberapa josheet di lengkapi gambar tentang materi yang saya pelajari akhir - akhir ini. Ya saya pun mulai bingung software atau aplikasi pengedit gambar apa yang harus saya gunakan dan bagus untuk OS Ubuntu, tidak seperti OS Windows kita bisa menggunakan aplikasi Paint, Corel Draw ataupun Ps yang begitu di kenal banyak orang. Setelah beberapa saat akhirnya sayapun menemukan 2 aplikasi GIMP dan Pinta Image Editor.

   Dan setelah saya mengetahui tentang kedua software tersebut akhirnya saya memilih Pinta Image Edittor dari pada GIMP, Karena Pinta jauh lebih ringan, lebih kecil dalam ukuran, lebih sederhana dan lebih memudahkan pengguna, menurut saya.




    Cara menggunakan Pinta cukup mudah seperti halnya kita menggunakan Paint pada Windows karena selain sederhana Pinta juga User Friendly dan untuk Interface-nya Pinta terbilang cukup untuk image editor di kelasnya.


    Pinta tersedia di ubuntu software center secara default, tapi itu sudah agak tua. Dalam toturial ini saya akan menunjukan cara menginstall terbaru, stabil dan pengembangan versi pinta di ubuntu 13.10 saucy, 13.04 penuh kegembiraan, 12.10 Quantal, 12.04 Precise dan Linux mint melalui repositori PPA.

   Untuk memulainya anda bisa membuka terminal terlebih dahulu atau tekan Ctrl + Alt + T pada keypad anda untuk membuka terminal. Ketika terbuka jalan kan ketiga perintah di bawah ini satu per satu:

untuk menginstall versi pengembangan terbaru


sudo add-apt-repository ppa:pinta-maintainers/pinta-daily
sudo apt-get update
sudo apt-get install pinta
dan tunggu hingga prosses selesai.


untuk menginstall versi terbaru stabil mendukung ubuntu (12.10, 12.04, 11.10)

sudo add-apt-repository ppa:pinta-maintainers/pinta-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install pinta
dan tunggu hingga prosses selesai.



 Sekian yang bisa saya sampaikan dalam artikel pelajar Linux kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Created By : alrasidaldi 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan dan pengertian WINDOWS X86 (32 bit) DAN X64 (64 bit)

Cara mengatasi Blackberry torch 9800 error 507

IP ADDRESS